Selasa, 21 Februari 2012

Pemimpin terbaik

adalah yang mempunyai 4 sifat :
1. Amanah
2. Fatonah
3. tablig
4. sidiq

Sbagaimana sifat yang dimiliki Nabi Muhammad Saw sejak beliau masih kecil :

1. As-Siddiq (jujur)
Jujur merupakan sifat dan sikap yang terpuji .Jujur berarti berbuat dan berucap dengan sebenarnya.Jujur adalah suatu kebenaran.kebenaran itu adalah kebaikan yang menuju surga. Saat berdagang Nabi Muhammad Saw mengatakan tentang barang dagangannya itu apa adanya,kalau barang iitu baik kwalitasnya ya dikatakan baik.Sebaliknya kalau barang itu tidak baik/cacat atu rusak maka nabi mengatakannya juga . Pembeli merasa nyaman dan aman membeli barang dagangan Nabi dan tidak takut tertipu baik oleh harga maupun kwalitasnya. Kejujuran Nabi Muhammad Saw sejak kecil sudah terkenal dimana-mana, bahkan orang-orang Quraisy yang benci kepada Nabipun mengatakan kalau Nabi Muhammad Saw adalah orang yang jujur. Karena kejujurannya ini maka nabi Muhammad di percaya,sehingga Nabi mendapat gelar Al-amin yang artinya dapat dipercaya.

2. Amanah (dapat Dipercaya)
Amanah merupakan salah satu dari sifat wajib bagi para rasul.Amanah artinya dapat dipercaya. Lawan dari amanah adalah khianat. Dipercaya artinya segala kegiatan baik ucapan maupun perbuatannya selalu dipercaya dan diyakini orang lain. Seseorang dapat dikatakan amanah atau dapat dipercaya, apbila orang tersebut dapat melaksanakan amanah atau kepercayaan dari orang lain kepadanya. Sifat ini sejak kecil dimiliki oleh Nabi. Karena sifat amanahnya ini Nabi dipercaya menggembala kambing milik pamannya dan tetangganya. Juga dipercaya membawa barang dagangannya.
3. Tabligh (cerdas)
cerdas artinya adalah mau belajar dan berusaha, cerdas bukan bawaan dari lahir melainkan dapat diupayakan, cerdas dalam ilmu berarti kita bisa mengingat apa yang kita pelajari dan caranya adalah menghafal, jika kita ulang-ulang 10, 20, 30 atau bahkan sampai 1000 kali tentu kita akan ingat, itu yang dinamakan cerdas yang sebenarnya.
4. Fathonah (rajin)
Rajin dalam beramar makruf nahi munkar dalam segala hal, jika disekolah tentu dengan cara belajar yang benar dan tidak mencontek, ketika kita rajin belajar tentu kita akan menjadi pintar

Itu adalah perilaku Nabi Muhammad SAW yang harus kita teladani supaya kita menjadi orang yang bahagia di dunia dan di akhirat,mempunyai banyak teman dan disukai banyak orang. Marilah kita bersikap sebagaimana Nabi Muhammad bersikap. Kita sebagai umat Islam harus mencontoh kepribadian Nabi Muhammad Saw Yang Mulia karena beliau mempunyai sifat yang terpuji dan menjadi suri tauladan yang baik(Uswatun Hasanah) bagi semua umat islam yang ada di dunia.

karena pada dasarnya manusia itu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, bahkan seburuk-buruknya manusiapun bisa membedakannya seperti orang tua yang hanya lulusan SD tentu tidak mau anaknya hanya lulus SD, kalaupun bisa lulus SMP, SMK, PT dan jadi suri tauladanya masyarakat yang berakhlakul karimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar